Iklan

Iklan

Pemerintah Desa Lompulle Luncurkan Alat Deteksi Banjir

Sunday, January 12, 2020 WIB Last Updated 2020-01-12T15:35:11Z

Perakitan alat deteksi dini bencana banjir di Soppeng


KLIKSULSEL.COM,SOPPENG - Pemerintah Desa Lompulle, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng meluncurkan alat pendeteksi dini bencana banjir. Sebuah inovasi teknologi yang berguna memberikan informasi update tentang kondisi ketinggian air di sungai Walennae.

Ketua Tim Inovasi Desa Lompulle, Saharuddin mengungkapkan bahwa alat tersebut dilengkapi 3 sensor berdasarkan level ketinggian air dan setiap air sungai mencapai level tertentu.

"Ia secara otomatis alat akan mengirimkan pesan singkat (SMS) ke nomer ponsel yang sebelumnya sudah terdaftar dalam program alat tersebut,"Kata Saharuddin Kepada kliksulsel.com ,Minggu 12/1/2020.

Selain itu, alat iitu dilengkapi dengan Sirine yang akan berbunyi secara berkala apabila air sudah mencapai level 2 (Waspada) dan akan berbunyi tanpa henti dalam jangka waktu tertentu apabila air sudah mencapai level 3 (awas) untuk memperingatkan warga agar mengungsikan barang atau ternaknya ke tempat yang aman.

"Praktisnya, kita juga bisa menanyakan kondisi ketinggian air sungai setiap saat kepada alat ini dengan menelpon langsung alat ini (Bagi no yang terdaftar) dan secara otomatis, alat ini akan mengirimkan pesan yang berisi informasi ketinggian air sungai," Jelas Ketua Tim Inovasi Desa Lompulle itu.

Sementara itu,Kepala Desa (Kades) Lompulle menuturkan bahwa dengan diluncurkannya alat pendeteksi dini banjir ini,semoga masyarakat bisa sigap dalam menghadapi kedatangan banjir.

"Iyye Desa Lompulle bertransformasi menjadi desa yang siaga bencana dan alat pendeteksi banjir ini pertama di Kabupaten Soppeng,"Beber A.Amri.

Laporan:Lantur
Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Desa Lompulle Luncurkan Alat Deteksi Banjir
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan