Panduan Memilih Laptop yang Sesuai Kebutuhan -->
.

Panduan Memilih Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Tuesday, November 15, 2022

 

Vivobook


KLIKSULSEL.COM - Laptop menjadi salah satu gawai yang penting saat ini. Dengan dimensi yang ringkas, laptop mudah dibawa kemana saja untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Jenis laptop pun beragam, mulai dari hingga laptop gaming.

Setiap tipe laptop pun memiliki dimensi serta performa yang berbeda-beda, dan calon pembeli biasanya memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Misal, calon pembeli yang memilih notebook karena dimensi yang ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana, seperti seri Asus Vivobook yang dapat menjadi pilihan Anda.

Selain seri Vivobook, Asus juga memiliki seri laptop lain yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Laptop Asus dapat Anda pesan melalui Blibli, dengan kemudahan transaksi dan fasilitas cicilan ringan serta syarat yang mudah, Anda tidak perlu ragu lagi membeli laptop Asus di Blibli.

Jika Anda sedang mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini panduan agar dapat memilih laptop yang pas:

1.    Dimensi

Dimensi adalah salah satu aspek yang perlu Anda perhatikan. Laptop yang terlalu besar atau terlalu kecil tentu tidak nyaman jika tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, laptop yang ringkas memiliki ukuran layar antara 12 hingga 14 inci. Perlu diingat, laptop dengan dimensi yang ringkas biasanya memiliki spesifikasi yang cocok untuk program ringan seperti menjalankan program Microsoft Office atau semacamnya.

Namun untuk program yang lebih berat seperti untuk desain atau mengedit foto dan video, Anda mungkin membutuhkan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi, dan otomatis memiliki dimensi yang lebih besar.

2.    Prosesor

Laptop Asus memiliki dua jenis pilihan prosesor, yaitu prosesor dari Intel dan AMD.

Keduanya memiliki variasi jenis prosesor, mulai dari yang paling ringan hingga yang paling tinggi. Semisal, Intel dengan Core i3 dan AMD dengan Ryzen 3. Jenis prosesor ini biasanya terpasang di laptop jenis notebook.

Sedangkan untuk prosesor Core i5 dan Ryzen 5 biasanya ada di laptop yang berada di kelas menengah. Laptop ini cocok untuk Anda yang butuh untuk bekerja sehari-hari namun tetap bisa bermain gim berukuran ringan.

Lalu untuk prosesor yang lebih tinggi seperti Core i7 dan Ryzen 7 biasanya digunakan di laptop yang ukurannya lebih besar, biasanya digunakan untuk melakukan editing foto dan video serta untuk bermain gim berukuran besar.

3.    Kapasitas RAM

RAM atau Random-Acces Memory, sebuah memori jangka pendek yang diperlukan untuk disimpan sesuai dengan kebutuhan prosesor laptop Anda. Data yang disimpan dalam RAM merupakan data program yang sedang Anda jalankan, semisal saat Anda membuka browser, RAM akan menyimpan data yang diperlukan untuk menjalankan suatu program. Setelah Anda menutup browser, maka RAM juga tidak lagi memerlukan data tersebut.

Dengan begitu, kapasitas RAM perlu Anda perhatikan sebelum memilih laptop. Jika kapasitas RAM lebih kecil dari kebutuhan Anda, performa laptop Anda bisa saja menurun atau lag dan menghambat aktivitas Anda.

Jika Anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan ringan, kapasitas RAM 2 hingga 4 GB sudah cukup. Namun jika pekerjaan Anda lebih berat, atau Anda ingin memiliki laptop yang lebih lancar, maka RAM 8GB dan seterusnya dapat Anda pertimbangkan.

4.    Penyimpanan SSD atau HDD

Umumnya, laptop memiliki dua jenis penyimpanan, yaitu SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive). Laptop dengan penyimpanan SSD biasanya cocok untuk Anda yang cukup menggunakan penyimpanan internal. SSD juga lebih cepat dalam memproses data.

Sedangkan untuk Anda yang ingin penyimpanan lebih besar, maka Anda dapat memilih laptop dengan penyimpanan HDD. Kedua jenis penyimpanan ini memiliki cara bekerja yang berbeda.

SSD bekerja menggunakan flash-based memory saat memproses data, sehingga dapat bekerja lebih cepat. Sedangkan HDD menggunakan piringan cakram saat memproses data.

5.    VGA

VGA atau Video Graphics Adapter merupakan perangkat laptop yang berfungsi untuk mengolah data visual Anda. Semakin tinggi tipe VGA, maka semakin bagus juga performanya.

Biasanya, VGA dibutuhkan untuk Anda yang mencari laptop untuk melakukan pekerjaan desain ataupun bermain game, dimana aspek visual menjadi salah satu yang krusial.

6.    Keyboard

Sebenarnya ini dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Keyboard yang memiliki lampu atau backlight dapat membantu Anda bekerja lebih mudah jika Anda sedang berada di suasana atau lingkungan yang minim pencahayaan.

Keyboard dengan backlight sudah banyak ditemukan hampir di semua jenis laptop, mulai dari jenis notebook hingga laptop kelas menengah. Kembali lagi, ini dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

7.    Webcam

Saat ini, hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan webcam atau kamera bawaan yang berada di atas layar. Namun, sesuai dengan harga dan tipe laptop, kualitas webcam pun juga bermacam-macam.

Untuk Anda yang lebih sering bekerja secara remote atau WFH, kualitas webcam mungkin cukup penting untuk dipertimbangkan. Kualitas kamera yang baik akan membantu Anda saat ada meeting atau rapat yang memerlukan panggilan video.

Terakhir, jangan lupa sesuaikan budget Anda dengan laptop incaran Anda. Asus menyediakan banyak pilihan laptop yang dapat Anda pilih sesuai budget dan kebutuhan Anda. Kunjungi Blibli dari sekarang agar dapat memesan laptop impian Anda.

 


 


TerPopuler