Iklan

Iklan

Ilegal logging Di pegunungan Desa Pongkeru Kembali Marak, Warga : Penegak Hukum Berikan Efek Jera Cukong Kayu.

Wednesday, June 30, 2021 WIB Last Updated 2021-06-30T12:53:27Z


KLIKSULSEL.COM,LUTIM - Kembali Marak aktivitas pembalakan liar (illegal logging) di pegunungan serta Hulu Sungai wilayah Desa Pongkeru,Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur.


Aktivitas Pembalakan Liar ini terus berlangsung disekitaran dekat dari kawasan wilayah pertambangan PT.Citra Lampia Mandiri (CLM).


Dengan maraknya kegiatan itu muncul kekhawatiran hal ini dapat mengancam kerusakan lingkungan dan berkurangnya tutupan hutan diyakini akan menjadi ancaman penyebab utama banjir besar dan tanah longsor.


Aktivitas Illegal logging yang saat ini berlangsung diungkapkan salah seorang warga yang kerap menemukan kegiatan Pembalakan Liar itu.


"Praktek pembalakan liar sudah berlangsung lama terjadi di kawasan Pegunungan desa pongkeru, dekat dari lokasi PT CLM."Ungkap warga yang nggan menyebutkan namanya,Rabu (30/6/2021).


Menurutnya, para cukong kayu itu mengangkut kayunya menggunakan jalur haoling Prusahaan dan juga ada yang melalui akses sungai besar Desa Pongkeru.


"Mereka mengangkut hasil pembalakan liar yang sudah diolah menjadi ukuran bahkan menjadikannya bantalan besar-besar, terkadang melalui jalur sungai menggunakan Perahu jenis Bala-bala".Jelas warga.


Sebelumnya telah diberitakan aktivitas illegal logging itu, hingga mendapat respon dari petugas Polisi Hutan (Polhut) KPH Larona yang juga saat itu telah dikonfirmasi melalui pemberitaan media ini.


Pasca disoroti warga setempat, baru-baru ini dikabarkan Polisi Hutan (Polhut) usai mendatangi lokasi aktivitas Pembalakan Liar serta menemukan kayu dan mobil Toyota Hardtop yang diduga milik para Cukong Kayu.


Namun rupanya hal itu tidak menyurutkan nyali para Cukong-cukong kayu tersebut, bahkan lagi-lagi memperlihatkan kembali dan melancarkan aksinya layaknya mereka kebal hukum.


Laporan: Haruddin

Komentar

Tampilkan

  • Ilegal logging Di pegunungan Desa Pongkeru Kembali Marak, Warga : Penegak Hukum Berikan Efek Jera Cukong Kayu.
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan