Iklan

Iklan

Ibas:BCC Baruga Collaborated Center di Desa Baruga

Tuesday, February 18, 2020 WIB Last Updated 2020-02-18T09:34:16Z




KLIKSULSEL.COM,LUTIM_untuk memiliki wisata baru tampaknya segera terwujud. Ditandai dengan peletakan batu di lakukan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam pembangunan BCC Baruga Collaborated Center di desa Baruga Malili,Luwu Timur, Selasa (18/2/2020).

Di ketahui Lokasi wisata tersebut berada diDesa Baruga kecamatan Malilii.BCC Baruga Collaborated Center akan dibangun tahun ini. Mengusung konsep taman wisata sungai yang menarik dengan berbagai fasilitas penunjang untuk menambah daya tarik wisatawan di Kota Malili.

Peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan BCC dilakukan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam di kawasan proyek BCC Desa Baruga Malili,


Hadir mendampingi Sekda, H Bahri Suli, Kadis Parbudmudora, Hamris Darwis, Kadis Kelautan, Firnandus Ali, Camat Malili, Nur Saifullah, Managemen PT Vale Indonesia, Ichman dan beberapa Kepala Desa se Kecamatan Malili.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengatakan pembangunan BCC ini memang merupakan bagian dari program kawasan jasa penunjang dan perkotaan, program pegembangan kawasan perdesaan mandiri atau PKPM yang dananya bersumber dari program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Vale Indonesia.

Lanjut Irwan, Program PKPM ini khusus di Kota Malili dipusatkan sebagai kawasan jasa penunjang dan perkotaan mencakup tiga wilayah desa yakni Desa Puncak Indah, Desa Baruga dan Kelurahan Malili.

“diarea BCC ini, nantinya juga akan dibangun kapal pesiar yang diberi nama We Cudai yang akan berkeliling sungai Malili. Selain itu juga akan dibangun Water Park yang nantinya akan ditempatkan di Desa Puncak Indah” kata Irwan.

Orang nomor dua di Kabupaten Luwu Timur ini juga berharap pembangunan BCC bisa berjalan sesuai yang di harapkan,karena bangunan ini nantinya akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan perekonomian baru di Kota Malili yang berkolaborasi dengan kegiatan ekonomi kreatif sehingga berdampak positif bagi kemandirian desa.

“saya harapkan segera dibentuk pengelola BCC yang merupakan kerjasama tiga Bumdesa untuk mengoptimalkan kawasan BCC ini.kita berharap masyarakat ikut mengawasi pembangunan BCC” harapnya.

Managemen PT Vale Indonesia, Ichman mengatakan salah satu program CSR PT Vale Indonesia dalam mendukung program Pemerintah Daerah yakni menjadikan Kota Malili sebagi kota yang moderen. Pembangunan BCC diharapkan dapat mendorong berkembangnya sektor ekonomi masyarakat desa yang muaranya tercipta kemandirian desa.

Sekedar di ketahui Program pembangunan BCC menelan anggaran kurang lebih Rp 2 miliar lebih dari dana CSR PT Vale Indonesia. Pembangunan BCC terdiri dari tiga item utama yakni Workshop, Playground dan Pujasera.

khususnya di Kecamatan Malili, Progam PKPM terdiri atas tiga Kawasan yang terbentuk, antara lain Kawasan Jasa Penunjang dan Perkotaan, terdiri dari Desa Baruga, Desa Puncak Indah, dan Kelurahan Malili. Kawasan Pesisir, Desa Balantang, Desa Wewangriu, Desa Harapan, dan Desa Pasi Pasi, serta yang terakhir adalah Kawasan Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, terdiri dari Desa Pongkeru dan Desa Laskap.

Laporan: Haeruddin


Komentar

Tampilkan

  • Ibas:BCC Baruga Collaborated Center di Desa Baruga
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan