Iklan

Iklan

PT.Vale Salurkan Kompensasi Petani Sawah Warga Desa Pongkeru

Saturday, October 02, 2021 WIB Last Updated 2021-10-01T17:53:11Z

 


KLIKSULSEL.COM,LUTIM-Pihak PT Vale Indonesia Tbk memberikan kompensasi terhadap para petani sawah di Dusun Kawasule,Desa Pongkeru,Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. Penyaluran kompensasi tersebut dilakukan di Aula Kantor Desa Pongkeru. Jumat (01/10/2021).


Didampingi Pemerintah Desa Pongkeru dan pihak-pihak terkait warga petani sawah menerima kompensasi langsung dari pihak PT. Vale Indonesia. Sejumlah 46 orang petani tercatat sedikitnya 30 hektare lahan sawah yang terdampak banjir.


Dimana sebelumnya lahan sawah warga yang sudah ditanami padi yang baru saja berusia tiga bulan digenangi banjir menyebabkan sejumlah petani sawah gagal panen pada saat itu.


Sebelumnya telah diberitakan, para petani itu meminta PT. Vale agar bertanggung jawab atas kerugiannya, warga menyebutkan dugaan luapan air berasal dari DAM PLTA Larona yang masuk genangi padi warga.


Menanggapi kejadian itu, pihak PT. Vale melakukan inspeksi dilahan persawahan warga dan melakukan pendataan terhadap petani yang terdampak lahan sawahnya sehingga petani mendapatkan kompensasi dari PT. Vale.


Pada kesempatan penyaluran itu terlihat Carles, selaku manajemen external PT. Vale Indonesia turun langsung menyalurkan kompensasi terhadap sejumlah warga yang terdampak. Kegiatan yang berlangsung dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan covid-19.


Ditemui usai melakukan kegiatan itu. Kepala Desa Pongkeru Aksan. SH mengucapkan terima kasih kepada PT. Vale yang telah menyelesaikan tanggung jawabnya terhadap warganya.


"Kami berterima kasih terhadap PT. Vale telah menyelesaikan tanggung jawabnya, sebagaimana yang di amanatkan UU  tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat". Ucap Aksan.


Lebih lanjut Aksan mengatakan,dirinya sebagai pemerintah Desa Pongkeru berharap terhadap PT Vale kedepannya ketika warga mengeluhkan dari dampak aktivitasnya agar cepat menyelesaikan jangan dibiarkan berlarut-larut.


"Alhamdulillah permasalahan warga petani Dusun Kawasule sudah selesai,tinggal satu lagi terkait lahan warga yang longsor terkikis air itu juga sudah di bahas untuk dibenahi,berharap secepatnya diselesaikan,kita sebagai pemerintah tidak merasa nyaman jika warga mau demo-demo terus,kita tidak menginginkan hal-hal seperti itu". Tutupnya.


Selain itu,salah satu warga terdampak. Benyamin Den, melalui media ini mewakili seluruh warga yang menerima kompensasi mengucapkan terimakasi karena PT. Vale sudah menyelesaikan tanggung jawabnya.


"Kami berterimakasi atas tanggung jawab PT Vale meski begitu lama kami tunggu ahkirnya sudah selasai hari ini". Tutur Benyamin.


Laporan: Haeruddin

Komentar

Tampilkan

  • PT.Vale Salurkan Kompensasi Petani Sawah Warga Desa Pongkeru
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan