Iklan

Iklan

Atasi Sampah, RSUD Lamaddukelleng Gandeng DLH dan Satgas Kebersihan

Friday, September 13, 2019 WIB Last Updated 2019-09-13T06:14:55Z

KLIKSULSEL.COM,WAJO - Persoalan sampah merupakan masalah yang cukup krusial di semua daerah karena produksi sampah dari rumah tangga sampai industri bahkan lingkungan sekalipun pun menjadi subjek produksi sampah, tidak tertutup kemungkinan kantor pelayanan pemerintah, menjadi objek produksi sampah, disinilah peran pemerintah dalam menanggulangi proses sampah sehingga bisa ditekan.

Dalam menekan produksi sampah khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamaddukelleng Sengkang, digalakkan program Jumat bersih dimana bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wajo, beserta Satgas Kebersihan Kecamatan Tempe.

Program Jum’at bersih, adalah program untuk bersama-sama bergotong royong membersihkan sampah yang ada dalam lingkungan RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adapun berita yang beredar terkait menumpuknya sampah di Drainase RSUD Lamadukelleng Sengkang, itu diakibatkan tersumbatnya aliran Air dan karena banyak Sampah Plastik dari penjenguk pasien yang tertinggal di drainase tersebut, sehingga ada keluhan dari masyarakat.

Menyikapi pemberitaan tersebut, Direktur RSUD Lamaddukelleng Sengkang dr. Andi Sari Dwi Kartini bergerak cepat menginstruksikan bagian terkait untuk segera membersihkan tumpukan sampah di drainase itu.

Kata dr Andi Sari kegiatan Jumat bersih memang kita agendakan tiap hari Jumat untuk menggerakkan stakholder yang ada di RSUD Lamaddukelleng untuk turun bergotong-royong membersihkan lingkungan RSUD dari sampah.

"Namun dengan adanya pemberitaan di media setidaknya juga menjadi pemacu bagi kami untuk bergerak cepat menanggapi persoalan yang ada," katanya.

Sampah merupakan persoalan bersama, untuk itu kedepannya Direktur RSUD dr. Andi Sari Dwi Kartini akan lebih menekankan ke Penjeguk dan Masyarakat di sekitaran RSUD untuk peduli terhadap lingkungan, terutama menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat.

RSUD Lamaddukelleng Gandeng DLH dan Satgas Kebersihan Atasi Sampah

Sementara Tanaga Honorer di RSUD Lamaddukelleng, Ikram mengatakan setelah ada instruksi dari Direktur RSUD Lamaddukelleng kegiatan Jumat bersih berjalan ramai dengan bergotong-royong stageholder yang ada di rumah sakit berplat merah itu.

"Memang rutin menjadi program Jumat Bersih, kami setiap Jumat melakukan gotong royong untuk membersihkan sampah adapun penumpukan sampah ini cepat sekali tidak cukup seminggu sudah banyak dan menumpuk lagi,” katanya.

Laporan: Bur
Komentar

Tampilkan

  • Atasi Sampah, RSUD Lamaddukelleng Gandeng DLH dan Satgas Kebersihan
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan