Iklan

Iklan

Merawat Rammang-Rammang, Kawasan Karst yang Penuh Keindahan

Tuesday, October 05, 2021 WIB Last Updated 2021-10-05T16:24:24Z


 

Oleh : Adinda Nurul Aulia Maksun


Destinasi Wisata Rammang-Rammang adalah salah satu tempat yang keren untuk menghabiskan hari weekend bersama dengan keluarga. Wisata ini berlokasi di Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. 


Menjadi tempat wisata yang termasuk dalam Kawasan Geopark Maros - Pangkep dan direncanakan menjadi Geopark Dunia oleh UNESCO membuat Rammang-Rammang semakin ramai diperbincangkan. Hal inilah yang mendorong Tim Kampus Gagasan untuk melakukan observasi secara langsung.


Dengan disuguhkan keindahan alam yang menawan, jejeran karst yang tersusun rapih nan indah, dihiasi sungai yang tenang dengan kumpulan ikan julung-julung yang ikut membersamai perjalanan diatas perahu serta keramahan masyarakat setempat membuat kepenatan wisatawan menjadi hilang.


Destinasi wisata tersebut dirancang sedemikian rupa agar tetap lestari, sifat alamiahnya yang semakin terawat membuat pengunjung menikmati indahnya alam Kawasan Karst Rammang-Rammang yang sedang menasional bahkan menembus perbincangan internasional ini.


Hingga saat ini, tetap ramai pengunjung dari berbagai kalangan berdatangan. Mulai dari wisatawan lokal, kemudian nasional, hingga internasional. Mulai dari masyarakat "kelas bawah",  "kelas pertengahan", hingga "di atas rata-rata" turut merasakan indahnya desa wisata ini.


Belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno telah berkunjung ke tempat ini dan mengajak para influencer untuk berinvestasi.

Ikon yang ditunjukkan dengan penuh keindahan yang khas, merawat segudang potensi destinasi yang mampu memproyeksi peningkatan perekonomian dalam mendobrak kesejahteraan warga setempat dan sekitarnya.


Walaupun mata telah dimanjakan oleh keindahan alamnya, berdasarkan hasil riset tim kampus gagasan. Wisata Rammang-Rammang ini masih memerlukan beberapa penyempurnaan dari aspek kepuasan wisatawan. Sebagai contoh, belum tersedianya jasa fotografer yang handal untuk mengabadikan momen bersama keluarga ketika mengunjungi beberapa spot foto yang ada. Mengapa ini penting? Karena sebuah dokumentasi yang berkesan adalah sebuah kebahagiaan yang tercatat. 


Selain itu juga, belum tersedianya souvenir unik atau cenderamata khas yang mencirikan Desa Wisata Rammang-Rammang ini. Yang ditemukan, hanyalah penyewaan topi anyaman. 


Souvenir yang unik menjadi penting untuk dihadirkan. Hal ini dikarenakan souvenir merupakan bukti perjalanan yang terekam akurat oleh wisatawan ketika merindukan tempat tersebut.


Dengan kebahagiaan yang tercatat, dilengkapi bukti perjalananan yang terekam baik, akan membuat perjalanan dalam menyusuri keindahan alam Rammang-Rammang ini menjadi paripurna. Semoga saja, beberapa bagian tersebut dapat dilakukan penyempurnaan kedepannya sebagai pelengkap dari kekurangan-kekurangan yang ada.


Tapi tahu kah anda, ditengah upaya pengembangan potensi wisata. Rammang-Rammang kini mendapat sebuah permasalahan yang serius. Masih ada saja, segelintir pihak yang ingin mengubah destinasi ini menjadi area pertambangan dengan sejuta iming-iming yang ditawarkan. Sungguh, fenomena yang sangat ironi. 


Sejatinya, kita yang sadar akan pentingnya menjaga alam justru harus bahu-membahu dalam mendorong Wisata Karst Rammang-Rammang ini untuk memiliki daya tarik lebih dari apa yang dimiliki saat ini. 


Oleh karena itu, mari dukung Destinasi Wisata Rammang-Rammang menuju Wisata Alam Top Dunia. Dengan cara Merawat Keindahan tanpa Keburukan, Menjaganya tetap Lestari tanpa Eksploitasi, serta Menuntut Keadilan tanpa Penindasan. 


Salam adil dan tetap Lestari !

Penulis adalah Mahasiswa Kampus Gagasan/Sekretaris Umum IMM Komisariat Fakultas Hukum Unhas Cab. Makassar Timur

Komentar

Tampilkan

  • Merawat Rammang-Rammang, Kawasan Karst yang Penuh Keindahan
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan