Iklan

Iklan

Lutim Naikkan Status Tanggap Darurat Bencana Corona

Monday, May 04, 2020 WIB Last Updated 2020-05-04T15:29:21Z

KLIKSULSEL.COM,LUTIM - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menaikkan status siaga darurat bencana corona menjadi  tanggap darurat bencana corona. Keputusan ini diambil dalam Rapat Gabungan Tim Gugus Tugas Covid-19 di kantor Bupati, yang dipimpin langsung Bupati Luwu Timur HM. Thoriq Husler, Senin (04/05/2020) di kantor Bupati Luwu timur.

Menurut Husler peningkatan status ini diambil setelah mencermati jumlah kasus baik covid19 di lutim yang sudah Positif , PDP, ODP dan OTG di  yang terus bertambah.

Dengan peningkatan status tanggap darurat bencana Corona ini, Husler  memerintahkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penganganan Covid-19 untuk segera  melakukan Rapid Tes Massal kepada petugas medis baik yang bertugas di Rumah Sakit Ilagaligo maupun Puskesmas. Langkah ini penting sebagai deteksi dini kepada tim medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 agar benar-benar steril dari covid19.

"Kita utamakan dulu tenaga kesehatan di wilayah yang telah terkonfirmasi kasus positif Covid-19 atau wilayah yang  banyak berstatus PDP, ODP dan OTG, seperti kecamatan Nuha, Towuti dan Wasuponda termasuk Tomoni Timur," jelas Husler.

Selain itu, Pemerintah kabupaten Luwu Timur juga akan berkoordinasi dengan pemilik Hotel Ilagaligo Malili mengenai rencana untuk menjadikan hotel tersebut sebagai Rumah Singgah Covid-19. Penyiapan tempat isolasi ini sangat penting mengingat Rapid Tes massal tenaga medis nanti mencapai seribu lima ratus orang lebih.

"Kita akan segera berkoordinasi kembali dengan pemilik Hotel Ilgaligo, karena awalnya bersedia menjadikan hotelnya tempat karantina, tentunya kita juga berharap hasil rapid tes nanti tidak ada yang positif, kalaupun ada kita sudah ada ruang isolasinya," terang Husler.

Untuk lokasi karantina awalnya sudah disediakan PT Vale di Old Camp dan Enggano. Namun setelah PT Vale melakukan rapid tes massal ribuan karyawannya, maka kemungkinan dua tempat tersebut tidak bisa lagi diharapkan, karena akan diprioritaskan sebagai tempat isolasi bagi karyawan PT Vale itu sendiri.

Dengan peningkatan status ini, mengisyaratkan bahwa saat ini  kondisi Luwu Timur cukup rawan Corona, sehingga diminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan diri dan menjaga anggota keluarga masing-masing.

Masyarakat juga diminta untuk tetap dirumah dan selalu  menggunakan masker jika berada di luar rumah, menjaga jarak sosial ketika beriteraksi, menjaga kesehatan serta rajin mencuci tangan.

Husler menegaskan bahwa Pemerintah Luwu Timur akan berbuat semaksimal mungkin guna menekan penyebaran Virus Corona ini, namun kesadaran warga juga sangat diharapkan dalam mematuhi himbauan pemerintah untuk memotong mata rantai penyebaran covid19.(ikp/kominfo)
Komentar

Tampilkan

  • Lutim Naikkan Status Tanggap Darurat Bencana Corona
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan