Wajo Kembali Diguncang Gempa Bumi, BPBD: Warga di Imbau Tenang

Wajo Kembali Diguncang Gempa Bumi, BPBD: Warga di Imbau Tenang

Friday, March 27, 2020

KLIKSULSEL.COM,WAJO - Wilayah Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, kembali diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 terjadi sekira pukul 05:58 Wita, Jumat 27/3/2020.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Wajo A Bau Manussa mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 05:58:58 WITA berkekuatan magnitudo 4.9.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.09 LS dan 120.13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 Km Baratdaya Wajo, Sulawesi Selatan pada kedalaman 16 km.

A Bau Manussa juga mengatakan, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walane yang berdekatan dengan pusat epicenter.

"Pusat gempa itu ada di wilayah Kecamatan Majauleng dan berdampak di 9 kecamatan se-Kabupaten Wajo, sejauh ini belum ada laporan kerusakan dampak gempa dan tak ada korban jiwa, anggota juga sedang melakukan assesment di lokasi gempa," kata A Bau Manussa.

Lanjut Bau Manussa mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Sengkang III MMI, di Tanete Sidrap II MMI, di Soppeng II – III MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Sementara salah satu warga Kota Sengkang, Suri mengatakan, getaran gempa sangat jelas dirasakan jika dibandikan getaran yang terjadi, Kamis 26/3/2020) kemarin. Gempa dirasakan sesaat setelah melaksanakan shalat subuh.

"Saya kaget karena semua jendela ikut bergetar, dan goncangannya terasa sampai 2 kali hentakan, semoga tak ada korban," kata Suri.

Sebelumnya, Kamis 26/3/2020 Kabupaten Wajo juga diguncang gempa bumi berkekuatan 4,1 skala richter pada pukul 09:01 dan pada pukul 10:01.

TerPopuler