Ternak Sapi Terserang Virus, Peternakan Soppeng Warning Pedagang

Ternak Sapi Terserang Virus, Peternakan Soppeng Warning Pedagang

Thursday, February 20, 2020

Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng, Ir Erman Hasnawi.


KLIKSULSEL.COM,SOPPENG - Kejadian Luar Biasa (KLB) hewan ternak Sapi yang mati mendadak, akibat positif mengidap virus Antraks, hebohkan warga masyarakat di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Kejadian itu, terjadi di Maddumpa Desa Lalabatariaja,Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng, Selasa 18/2/2020 Dua hari yang lalu.

Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Soppeng Erman Hasnawi, mewarning para pedagang agar jangan memperjualbelikan atau mengkomsumsi daging Sapi yang mati akibat Antrask.

"Ia sanksinya bisa pidana dan masyarakat jangan terkontakminasi (Sentuh_red) dengan Sapi yang terkena Antrask karena penyakit bisa menular pada manusia ,"Kata Erman Hasnawi kepada Kliksulsel.com saat di temui di ruang kerjanya Kamis 20/2/2020.

Selain itu,dirinya juga imbau kepada para peternak Sapi agar selalu melakukan vaksinasi.Karena Vaksinasi salahsatu cara untuk mengcegah terjadi penyakit Antrask tersebut.

"Ia gejala yang timbul apabila di serang penyakit Antrask ,nafsu makan Sapi menurun ,demam dan kalau hewan sudah mati seluruh pori pori atau hidung mengeluarkan darah,"Jelas Eks Sekertaris Balitbangda Kabupaten Soppeng itu.

TerPopuler