Iklan

Iklan

Prof NA Luncurkan Dua Varietas Jangung di Soppeng

Tuesday, January 21, 2020 WIB Last Updated 2020-01-21T12:50:27Z

Peluncuran varietas ini, dilaksanakan pada saat acara launching Show Window di Lejja Desa Bulu'E, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Selasa 21/1/2020.


KLIKSULSEL.COM,SOPPENG - Gubernur Sulawesi selatan (Sulsel) Prof Nurdin Abdullah meluncurkan Dua varietas jagung yang diberi nama oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Jagung (Balitjat) dan Sereal Maros yaitu varietas NA1 dan NA2 (Jagung manis_red).

Peluncuran varietas ini, dilaksanakan pada saat acara launching Show Window di Lejja Desa Bulu'E, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Selasa 21/1/2020.

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah mengatakan bahwa varietas ini telah diteliti sekitar 5 tahun lamanya oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Muhammad Azrai dan 4 orang anggotanya.

"Ia varietas ini merupakan turunan dari hasil persilangan populasi tetua Monalisa sebagai tetua betina dengan populasi Ohmono yang berasal dari Jepang sebagai tetua jantan yang saya bawa dari Jepang saat menjabat sebagai Bupati Bantaeng,"Kata Prof Nurdin Abdullah.

Selain itu,Varietas jagung ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi yaitu 15.5 lebih tinggi dari kadar gula jagung pada umumnya yaitu 14 kalori, rasanya pun sangat enak.Harganya di Jepan sangat mahal yakni 1000 yen atau sekitar Rp130 ribu per biji.

"Semoga setelah memulai menanam bibit jagung ini akan berkembang,bukan hanya di Sulsel tapi juga di seluruh Indonesia sehingga kita dapat mengekspor jagung manis ke Jepang,"Terang mantan Bupati Bantaeng Dua periode itu.

Acara diakhiri dengan penanaman jagung manis variates NA1 dan NA2 oleh, Gubernur Sulsel,Prof Nurdin Abdullah bersama Sekda Soppeng HA.Tenri Sessu, Forkopimda Soppeng, Ketua pengadilan Negeri soppeng, Kadis ketahanan pangan Sulsel, Kepala balitsereal Maros, Kepala BPTP Sudiang, sejumlah kelompok tani beserta Bupati Sidrap.

Laporan: Lantur

Komentar

Tampilkan

  • Prof NA Luncurkan Dua Varietas Jangung di Soppeng
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan