Giliran Retailer Pasar Modern Diminta Siapkan Bank Sampah
Cari Berita

Giliran Retailer Pasar Modern Diminta Siapkan Bank Sampah

banner 336x280

Camat Tempe Andi Fakhrul Rijal B, ST, MM

KLIKSULSEL.COM,WAJO - Sebagai wilayah ibukota Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, produksi sampah juga terus meningkat. Sehingga Pemerintah Kecamatan Tempe terus bekerja keras menangani sampah.

Kata Camat Tempe Andi Fakhrul Rijal B, kini ini giliran retailer pasar modern (Alfa-Indomaret) dan juga Mall serta swalayan dalam wilayah Kecamatan Tempe membuat bak sampah untuk pengedalian sampah plastik yang semakin banyak.

"Pusat perbelanjaan moder juga perlu ada unit bank sampah yang kecil di tempat usahanya. Agar dapat membantu masyarakat sekitarnya dan juga pengunjungnya untuk membuang sampah plastiknya," kata Andi Fakhrul Rijal B.

Kata mantan Camat Penrang itu, maka dari itu diperintahkan para Lurah untuk mengarahkan retailer Alfa dan Indomaret yang ada di wilayahnya masing-masing membuat unit Bank sampah.

"Kemudian sampah plastik yang terkumpul di unit bank sampah plastik di Alfa dan Indomaret serta Mall tetap di kelola oleh pihak kelurahan bekerjasama dengan RT/RW," katanya.

Langkah langkah tersebut sangat perlu dilakukan karena menurut Andi Fakhrul Rijal B sekarang ini bisa dikatakan  kategori Tempe sudah darurat sampah plastik.

"Dan kalau tidak diantisipasi cepat akan menimbulkan dampak luar biasa kedepannya seiring dengan pertumbuhan penduduk dan meluasnya pemukiman warga," katanya.