Camat Tempe Perintahkan Seluruh Lurah Buat Bank Sampah
Cari Berita

Camat Tempe Perintahkan Seluruh Lurah Buat Bank Sampah

banner 336x280

Bank Sampah di kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Wajo

KLIKSULSEL.COM,WAJO - Seiring meningkatnya kepadatan penduduk di 16 Kelurahan wilayah Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, produksi sampah juga semakin meningkat, sehingga Pemerintah Kecamatan Tempe terus berinovasi mengatasi sampah.

Beberapa kali Pemerintah Kecamatan Tempe melakukan rapat dengan Lurah, sehingga akhirnya Camat Tempe Andi Fachrul Rijal meminta kepada seluruh Lurah segera mengarahkan RT dan Staf Kelurahan membuat Bank Sampah.    

Pengadaan Bank Sampah bukan hanya bertumpu di satu tempat tetapi di rumah Lurah dan juga di rumah Camat dan stafnya. Sehingga kedepan nya bank sampah plastik ada di setiap rumah RT dan di rumah staf Kelurahan/Kecamatan.

"Untuk mengendalikan bertumpuknya sampah-sampah plastik di lingkungan pemukiman, kita memerintahkan Pak Lurah untuk mengarahkan seluruh RT nya dan staf Kelurahan membuat bank sampah, untuk sampah plastik," kata Camat Tempe Andi Fachrul Rijal

Lebih jauh Andi Fachrul Rijal mengatakan Bank Sampah nantinya akan di kelola oleh pihak kelurahan bekerjama sama dengan pihak RT/RW dan dari hasil pengolahan sampah-sampah plastik tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Tentunya dengan adanya bank sampah di setiap RT dan rumah staf Kecamatan/Kelurahan, kata Fachrul Rijal nantinya diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah plastik nya kemana-mana, langsung saja buang di bank-bank sampah yang ada ditingkat RT.

"Mudah-mudahan dengan berjalannya sistem ini maka sampah-sampah plastik di selokan atau drainase dapat berkurang kalau bisa sudah tidak ada lagi. Ini semua dapat berjalan dengan baik bilamana RT/RW, staf kecamatan dan staf kelurahan dapat berpartisipasi," tutup mantan Ketua KNPI Wajo itu.

Laporan: Risal