Tingkat Kepuasan Layanan Disdukcapil Terus Meningkat
Cari Berita

Tingkat Kepuasan Layanan Disdukcapil Terus Meningkat

banner 336x280



KLIKSULSEL.COM,SOPPENG - Menerjemahkan keinginan Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak untuk memberikan pelayanan terbaik dalam hal administrasi kependudukan, terjawab melalui survey kepuasan masyarakat yang baru-baru ini dilakukan pada tahun 2019, dimana rata rata hasilnya sangat baik.

Tenaga ahli peneliti Trans Institute Syamsul Bahri menjelaskan bahwa pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Soppeng Indeks Kepuasan Masyarakat mengalami peningkatan positif Tiga tahun terakhir dari tahun 2017, 2018 sampai 2019.

"Dari 100 responden yang dijadikan sampel yang telah merasakan langsung pelayanan DUKCAPIL Soppeng, yang kita bisa melihat hasil rekam survey mengalami peningkatan," kata pria yang karib disapa Samba itu.

Ditambahkan oleh Nurmal Idrus sebagai narasumber dan selaku staf ahli Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng dalam rekomendasinya agar DISDUKCAPIL Soppeng, dalam melakukan pelayanan kedepan agar menjadi percontohan dalam era 4.0.

"Maka semua pelayanan berbasis digital, sehingga lebih efektif dan efisien, jika perlu Pemkab Soppeng membentuk MALL PELAYANA PUBLIK (MPP), MPP ini dinilai sebagai langkah pembaharuan bagi sistem," katanya.

Kata Nurmal Idrus, pelayanan publik di Indonesia, MPP dianggap lebih progresif  memadukan pelayanan pemerintah pusat, daerah dan swasta dalam satu gedung, tentunya dalam suasana yang sangat nyaman.

"Bahwa yang namanya pelayanan publik harus terbuka,transparan tidak boleh sembunyi," kata mantan Ketua KPU Makassar itu.



Kepala Dinas DUKCAPIL Soppeng Drs. A. Muhammad Ilham,  MM semua berkat kerja keras dan tekad semua untuk mewujudkan mutu pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Namun hasil tersebut tidak lantas membuat puas tapi terus berbenah agar kepuasan tersebut lebih ditingkatkan.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dan tekat kita semua untuk mewujudkan mutu pelayanan yang memuaskan bisa kita capai, tentunya kita harus berbenah terus menurus untuk melahirkan mutu pelayanan yang baik, dari sembilan kompenen yang di survey rata rata kepuasan masyarakt sangat baik," tutupnya.

Laporan: Lantur