Rute Belopa-Tobaku Bakal di Buka, Ini Kata Kadishub Kolut
Cari Berita

Rute Belopa-Tobaku Bakal di Buka, Ini Kata Kadishub Kolut

banner 336x280

Rute Belopa-TObaku Sulawesi Tenggara bakal dibuka tahun depan dengan adanya rute tersebut bisa memperlancar arus transportasi laut di teluk bone

KLIKSULSEL.COM,KOLAKA UTARA--Pemerintah Kolaka Utara bersama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu melakukan kesepakatan untuk pengoperasian kapal cepat berbahan viber tujuan Tobaku (Sulawesi Tenggara) dan Belopa Kabupaten Luwu (Sulsel).

Dengan adanya penambahan rute, aktifitas penyeberangan di dermaga penyeberangan Tobaku Kecamatan Katoi Kolaka Utara (Kolut) bisa di pastikan akan padat apalagi rencannya ini akan berjalan Tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan Kolaka Utara Junus mengatakan jika selama ini, dermaga penyeberangan yang berada di Kecamatan Katoi hanya melayani penumpang menuju Siwa, tahun depan rutenya akan ditambah menuju Belopa, Kabupaten Luwu.

"Rencananya, dua unit armada kapal cepat berbahan viber akan beroperasi di rute lintas Teluk Bone itu . Pemerintah akan terus mengupayakan rencana di mulainya rute pelayaran dengan Pemkab Luwu.

Kedua Pemda sepakat akan mengoperasikan dua unit armada kapal cepat. Namun yang masih dibahas ini, apakah kapal yang beroperasi menggunakan bantuan kementerian, pihak swasta atau keduanya.

"beberpa hari lalu ,kami baru melakukan pertemuan dengan Dishub Luwu. Secara umum, sudah siap. Kini, tinggal memilih menggunakan armada milik swasta atau bantuan pemerintah pusat. Insya Allah, tahun depan sudah bisa dioperasikan,” ungkap Junus

Penulis : Haeruddin