Iklan

Iklan

Disangka Orang Gila, Pemuda Ini Ciptakan Hidran Air Tanpa Listrik

Friday, July 26, 2019 WIB Last Updated 2019-07-26T12:50:18Z
Wawancara penemu hidran air tanpa listrik, Andi Hery di Kedai Jalangkote 191, Jl Sungai Citarum Watampone

KLIKSULSEL.COM,BONE - Seorang pemuda asal Desa Mamminasae Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), berhasil membuat inovasi terbarukan berupa hidran air mampu mengangkat air setinggi 150 meter tanpa menggunakan daya listrik.

Kepada kliksulsel.com, pemuda bernama Andi Hery itu mengaku banyak melalui ujicoba sebelum berhasil menciptakan hidran air yang bisa dimanfaatkan petani. Bahkan tak pelak mendapat cibiran dari warga sekitar dia bermukim.

Mengapa tak dianggap gila oleh warga. Pasalnya saat awal melakukan ujicoba, Andi Hery kerap memanjat pohon kelapa dibelakang rumahnya untuk menuang air untuk ujicoba tekanan hidran buatannya. Namun kata Andi Hery, cibirian tersebutlah yang membuatnya semakin termotivasi.

Setelah melakukan ujicoba secara berulang selama 7 bulan, Andi Hery mampu menciptakan hidran air tanpa listrik dan kini terbilang sudah puluhan hidran air buatanya dimanfaatkan sejumlah petani di Kabupaten Bone hingga di Kabupaten Enrekang dan Selayar.

"Awalnya, saya dikira orang gila saat saya memulai lakukan uji coba. Saya sering manjat pohon kelapa dibelakang rumah untuk menuangkan air pada saat uji coba tekanan," kata Andi Haery, saat ditemui kliksulsel.com di Kedai Jalangkote 191, Jl Sungai Citarum Watampone.

Penulis: Ichal Mahendra.
Komentar

Tampilkan

  • Disangka Orang Gila, Pemuda Ini Ciptakan Hidran Air Tanpa Listrik
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan