Iklan

Iklan

UMKM Verbeck Cocoa Melakukan MoU Dengan PT CLM

Thursday, July 20, 2023 WIB Last Updated 2023-07-20T05:25:31Z

KLIKSULSEL.COM,LUTIM-PT.Citra Lampia Mandiri (CLM) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan UMKM Verbeck Cocoa pada hari Senin 17 Juli 2023.

Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan di Kantor PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) dijalan Soekarno Hatta , Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur.

Dalam melakukan perjanjian itu, dihadiri Camat Malili Nasir, Kabid UKM, Dinas Koperindag Patmawati, Kades Laskap Herman Zein, Pengelola UMKM Verbeck Cocoa dan pihak dari PT.CLM Aulizar Fadjir Kepala Teknik Tambang (KTT) serta Superintendent Eksternal, Fauzi.

Dalam pertemuan itu. Superintendent Eksternal, Fauzi mengatakan potensi kakao di Desa Laskap cukup menjanjikan untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

"Kami melihat ada potensi disana yang harus dioptimalkan. Dan tidak lagi harus jadi penyedia bahan baku, tapi tempat produksi kakao," Ucap Fauzi.

Iapun mengatakan, dalam mendukung produksinya, Pihak PT.CLM lewat Program PPM akan memberikan bantuan sarana produksi olahan berbasis cokelat seperti mixer, mesin penggiling, dan lainnya.

"Bantuan alat tersebut nantinya sangat efektif meningkatkan kapasitas usaha UMKM untuk menghasilkan produk yang berstandar dan bernilai jual tinggi," jelas Fauzi

Sementara itu. Kepala Bidang UKM , Dinas Koperindag , Patmawati berharap UMKM ini bisa maju dan sukses, kami minta terlebih dahulu Legalitas mengenai usaha produksi kakao ini harus dilengkapi dan didaftarkan di Dinas Perizinan.

"Karna ini pelaku usaha mikro, kami minta segera melakukan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) , sertifikasi halal dan mereknya . Kemudian harus jelas nama UKM dan Pengelolanya," kata Patmawati

Selain itu, Camat Malili, Nasir dalam kesempatan itu mengapresiasi PT.CLM yang memperhatikan wilayah pemberdayaan dalam Program PPM selama 2 tahun terakhir ini.

"Program ini sangat membantu, Insha Allah tetap kita bersinergi pihak perusahaan dan Pemerintah," Kata Nasir

Sementara dalam pemaparannya, Kades Laskap, Herman Zein mengatakan bahwa Produksi Kakao di desanya dalam 1 kali panen itu mencapai 7 ton.

Sehingga, hadirnya UMKM Verbeck Cocoa, hasil pertanian masyarakat ini tidak lagi dijual keluar dan dikelola sendiri.

"Jadi bahan baku dan suatu produk yang bisa dipasarkan," Jelas Herman

Ia juga mengapresiasi pihak PT.CLM yang membekap peralatan tambahan untuk produksi kakao ini menjadi cokelat.

"Kalau UMKM ini berjalan, otomatis akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," sambungnya.

Di ketahui UMKM Verbeck Cocoa ini berlokasi di Desa Laskap , Kecamatan Malili, Luwu Timur.

UMKM ini masuk dalam wilayah Pemberdayaan dan merupakan unit Usaha Binaan PT.CLM dalam Program PPM.

Adapun jenis usaha Pengelolaan Biji Cokelat lokal menjadi berbagai produk, seperti minuman coklat, bubuk coklat dan coklat padat.

Laporan: Haeruddin
Komentar

Tampilkan

  • UMKM Verbeck Cocoa Melakukan MoU Dengan PT CLM
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan