Iklan

Iklan

Hujan Lebat, Sungai Laoli Desa Harapan Meluap, Warga:PT CLM Respon Cepat

Tuesday, May 02, 2023 WIB Last Updated 2023-05-02T11:23:24Z


KLIKSULSEL.COM, LUTIM--Hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan Malili pada Senin (01/05/2023) malam menyebabkan beberapa titik terendam banjir salah satunya wilayah Desa Harapan, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Selasa (2/5/23).

Di laporkan banjir setinggi kurang lebih 1 meter merendam puluhan rumah warga di Dusun Laoli, Desa Harapan. Selain itu banjir juga merendam SDN 236 Laoli di Desa Harapan, Kecamatan Malili, tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir tersebut.

Menanggapi itu, Desa Harapan merupakan wilayah pemberdayaan PT Citra Lampia Mandiri Fauzi Lukman (SPT.Eksternal) PT.CLM mengatakan. Ia mendapat informasi pada pukul 06.00 Tim Tanggap PT.CLM langsung dikerahkan turun ke lokasi untuk melihat kondisi luapan air di Desa Harapan.

Saat dilokasi banjir tim tanggap PT.CLM bersama pemerintah desa harapan membantu warga untuk melakukan evakuasi.

Menurut Fauzi, banjir yang terjadi tersebut di perkirakan terjadi selama dua jam pada pukul 08.00 air sudah surut dan tidak lagi menggenangi jalan,sarana pendidikan rumah-rumah warga.

"saat ini kami melakukan koordinasi bersama pemerintah desa dan BPBD Luwu timur guna mengambil langkah-langkah penangangan pasca banjir dan kebutuhan warga diantaranya pembersihan rumah warga dan sarana pendidikan yang sempat tergenang dengan menurunkan 2 unit water tank, 1 unit eskavator serta 1 unit damkar pemerintah daerah untuk membantu membersihkan sisa-sisa material banjir," kata Fauzi 

Lebih lanjuta Fauzi menjelaskan, untuk penanganan jangkah panjang maka bersama pemerintah desa Harapan, BPBD, PT.CLM akan melihat kondisi aliran sungai laoli untuk mengambil langkah-langkah normalisasi pada aliran sungai tersebut tentunya teknisnya akan dikoordinasikan dengan pemerintah Daerah.

Sementara itu, Ahmad Surana Naff Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Citra Lampia Mandiri telah menyampaikan bahwa telah melaporkan ke Inspektur Tambang dan ESDM provinsi serta Dinas Lingkunagn Hidup (DLH) terkait banjir yang merendam wilayah Desa Harapan, Kecamatan Malili.

"Saya atas nama kepala teknik tambang PT. CLM sudah menyampaikan kondisi hari ini tanggal 2 Mei 2023 bahwa terjadi luapan air di sungai laoli kampung Lampia Desa Harapan Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur". Tulis Ahmad Surana Naff.

Dalam penyampaian rilisnya juga bahwa banjir diakibatkan hujan lebat dimalam hari diperkirakan intensitas curah hujan 150 mm/hari, dengan lama hujan diatas 7 jam ) yang mengakibatkan sebagian rumah penduduk tergenang air dan 1 unit sekolah Dasar. Untuk kondisi ini team eksternal PT. CLM sudah turun langsung ke lokasi untuk melakukan assesment terkait penanganan banjir dan kebutuhan masyarakat terdampak. Selanjutnya atas kondisi cuaca tersebut juga berdampak pada beberapa ruas jalab hauling PT. CLM yang mengalami kerusakan dan longsor".Tulis Ahmad dalam penyampaiannya.

Laporan: Haeruddin
Komentar

Tampilkan

  • Hujan Lebat, Sungai Laoli Desa Harapan Meluap, Warga:PT CLM Respon Cepat
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan