Iklan

Iklan

Syiar Islam, Elfrianto Bawakan Hikmah Isra Mi’raj di Masjid Nurul Yaqin

Thursday, February 09, 2023 WIB Last Updated 2023-02-09T06:24:42Z


KLIKSULSEl.COM - Elfrianto selaku Anggota DPRD Kabupaten Wajo Fraksi PAN di undang untuk membawakan hikmah Isra Mi’raj di Masjid Nurul Yaqin Bolabakka, Kelurahan Bulete, Kecamatan Pitumpanua. Acara dilaksanakan hari Selasa 7/2/2023, Dalam acara tersebut di hadiri Camat Pitumpanua, Kapolsek Pitumpanua, Kepala KUA Pitumpanua, Kacabwil Pitumpanua Dispenbud, Lurah Bulete, Lurah Tobarakka, Lurah Benteng, Pembina Ponpes DDI Tobarakka, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidik, Tokoh Pemuda dan BKMT Permata. 


Sebagai Syiar agama hampir setiap bulan Rajab, umat Islam memperingati Isra Mi’raj. Elfrianto menyampaikan bahwa Isra Mi’raj adalah peristiwa besar dalam sejarah umat Islam dimana Rasulullah SAW pada malam itu dikunjungi malaikat Jibril AS lalu mengajak Rasulullah melaksanakan Isra Mi’raj dengan menaiki Buraq bersama Jibril dan Mikhail, melakukan perjalanan fisik dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina dan dari Masjidil Aqsa dibumi berangkat naik ke langit ke tujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (akhir penggapaian) untuk menerima perintah Allah Azza Wa Jalla menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam. 


"Maha suci Allah, yang telah memberi jalan hambanya pada suatu malam dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah maha mendengar lagi maha melihat."- (QS. Al-Isra: 1)


Lanjut Elfrianto juga menyampaikan beberapa Hikmah Isra Mi’miraj adalah

yang pertama sebagai Ujian Keimanan. Salah satu hikmah terjadinya peristiwa Isra Miraj adalah untuk menguji besarnya keimanan dan keislaman para sahabat dan umat Islam sekarang kepada Allah Azza Wa Jalla. Kedua Pentingnya Perintah Shalat. shalat adalah tiang agama. Sebagaimana dijelaskan dari Mu’adz bin Jabal, Rasulullah Saw. bersabda, “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973).


Dengan shalat, umat muslim dididik dan dilatih sehingga hati, pikiran dan tindakan menjadi suci dan baik. Badan kita bersih dari hadas, pakaian suci dari najis, dan hati terhindar dari syirik. Dengan shalat, akan terbentuk pandangan hidup bahwa hanya Allah SWT Yang Maha Besar.


Dengan shalat pula, umat Muslim dididik menetapkan tujuan dan arah hidup, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Azza Wa Jalla yang artinya, “Katakanlah, sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al-An’am: 162)


Ketiga sebagai Inspirasi Lahirnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Semoga kita dapat memetik hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj untuk meningkatkan Iman dan Taqwa.(rls)

Komentar

Tampilkan

  • Syiar Islam, Elfrianto Bawakan Hikmah Isra Mi’raj di Masjid Nurul Yaqin
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan