Mamuju Di Guncang Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,8 Terasa Hingga Masamba -->
.

Mamuju Di Guncang Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,8 Terasa Hingga Masamba

Wednesday, June 08, 2022

 




KLIKSULSEL.COM, MASAMBA - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,8 terjadi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). 

Berdasarkan informasi, gempa tersebut dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter @InfoBMKG, pada Rabu (8/6/2022).


Gempa Mamuju, Sulbar terasa hingga beberapa daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Di antaranya Kabupaten Pinrang, Kota Palopo, Makassar, Sidrap, Pangkep, hingga Masamba, Luwu Utara.


"Gempa guncang Mamuju Sulbar Mag: 5.8," tulis BMKG.


Gempa Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terjadi pada Rabu (8/6/22) pukul 13.32 Wita yang berpusat di laut pada kedalaman 10 kilometer, tepatnya di koordinat 2.74 LS, 118.54 BT atau 43 km Barat Daya Mamuju, Sulbar.


BMKG mencatat di Mamuju gempa dirasakan cukup kuat dengan skala V MMI, getaran gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.


Sementara di Kabupaten Majene Sulbar, gempa dirasakan dengan skala IV MMI yang artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.


Di Pinrang, Sulsel gempa terasa dengan skala III MMI, yang berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.


Di daerah Sulsel lainnya, yakni di Kota Makassar, Palopo, Sidrap, Pangkep, hingga Masamba, Luwu Utara, gempa dirasakan dengan skala II MMI, yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.


Gempa bumi dilaporkan terjadi di kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada di 2,74 lintang selatan (LS) dan 118.54 bujur timur (BT).


"43 km Barat Daya Mamuju-Sulbar, tidak berpotensi tsunami.


Hingga berita diterbitkan belum ada keterangan resmi didapatkan kerugian maupun korban dampak dari gempa tersebut.


Laporan: Haeruddin

 


 


TerPopuler