Iklan

Iklan

Talkshow: Jejak pendidikan dari pedalaman dan pelosok

Tuesday, December 08, 2020 WIB Last Updated 2020-12-08T08:43:48Z


KLIKSULSEL.COM,MAKASSAR - Sokola Kaki Langit kembali menggelar talkshow pendidikan bertempat di Hans Cafe, Jalan Perintis Kemerdekaan 7, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.Senin (7/12/2020).


Komunitas sokola Kaki Langit sebagai gerakan peduli pendidikan di pedalaman dan pegunungan.


Talkshow yang bertajuk jejak pendidikan dari pedalaman dan pelosok itu menghadirkan 2 pemateri.


Dua gerakan atau komunitas yang berbeda yakni Kepala Sokola Kaki Langit Nurfahmi Saad dan Kepala Sikola Cendekia Pesisir Alfiana, S.A.P.


Fina Selaku Kepala Sikola Cendekia Pesisir dalam pemaparannnya menjelaskan tentang fungsi.


"Sikola Cendekia Pesisir adalah sebuah gerakan yang bergerak didaerah pesisir yang terbagi menjadi 4 divisi yakni pendidikan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan dan lingkungan," katanya.


Menurutnya kehadiran gerakan ini memberikan akses tersendiri kepada relawan untuk membangun karakter masyarakat setempat (pesisir-red).


"sehingga mendapatkan kehidupan yang lebih layak dibanding sebelum-sebelumnya" sambungnya.


Dalam kesempatan lain, kepala Sokola Kaki Langit Nur Fahmi Saad menjelaskan sejarah singkat berdirinya Sokola Kaki Langit yang merupakan gerakan pendidikan dipedalaman dan pegunungan.


Kata dia Sokola Kaki Langit merupakan gerakan peduli pendidikan yang bertujuan mencerdaskan pendidikan didaerah pedalaman dan pegunungan 


"dengan misi meningkatkan minat baca anak-anak pedalaman dengan melaksanakan salah satunya adalah kelas nonformal" Ungkapnya.


Relawan yang akrab disapa Fahmi ini menambahkan Sokola Kaki Langit kini telah mampu memberikan sumbangsi positifnya kepada dunia pendidikan khususnya dilokasi binaannya.


"Alhamdulillah, Sokola Kaki Langit kini telah mengerjakan 5 lokasi didesa dan kabupaten yang berbeda. Setiap lokasi yang kami datangi kami mengabdi selama setahun," Ujarnya lagi.


Lanjutnya, dengan membangun karakter pendidikan disana dan setiap akhir dari program kami dilokasi binaan kami selalu membangun perpustakaan atau taman baca.


"Kami berharap semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan kita tentang pendidikan yang ada dipedalaman dan pesisir" tutupnya.


Kegiatan talksho yang dihadiri oleh beberapa komunitas pendidikan dan organisasi yang diundang.


Laporan: Haeruddin

Komentar

Tampilkan

  • Talkshow: Jejak pendidikan dari pedalaman dan pelosok
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan