PKH Barru Sasar Warga Kurang Mampu Secara Swadaya
Cari Berita

PKH Barru Sasar Warga Kurang Mampu Secara Swadaya


PKH Barru Sasar Warga Kurang Mampu Secara Swadaya


KLIKSULSEL.COM,BARRU- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Barru, kembali menyalurkan sejumlah bantuan kepada Baco (73) salah seorang warga Tanru Tedong, Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Jumat (9/8/19). Baco mendapatkan bantuan dari PKH Kabupaten Barru lantaran mengalami kesulitan ekonomi dan sama sekali belum tersentuh bantuan sosial. 

Pendamping PKH Kabupaten Barru, Aulia Fajar menyebutkan, adapun sejumlah bantuan yang disalurkan diantaranya, sembako dan tali asih dari swadaya para pendamping PKH. Selain itu Baco rencananya akan diuslukan kepemerintah Kabupaten Barru masu ke dalam Basis Data Terpadu (BDT) untuk mendapatkan bantuan. 

"teman-teman pendamping PKH berinisiatif menyisihkan rezekinya untuk membantu kake Baco. Selama ini ia sama sekali belum mendapat bantuan apapun, untuk itu kami akan memfasilitasi agar bisa masuk BDT dan mendapat bantuan dari pemerintah," jelas Fajar sapaanya

Fajar menuturkan, kegiatan PKH Peduli menyasar masyarakat yang sama sekali belum tersentuh bantuan sosial apapun. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari sejumlah Sumber Daya Manusia (SDM)  PKH Kabupaten Barru, terlaksana sejak empat bulan yang lalu dan telah menyasar delapan penerima bantuan di berbagai kecamatan. 

"Untuk bulan ini, PKH peduli kembali menyalurkan bantuan dengan dua sasaran penerima di dua kecamatan, yaitu Desa Siawung Kecamatan Barru dan Desa Kamiri Kecamatan Balusu," akunya

Kegiatan PKH Peduli ini, lanjut Fajar, akan terus berlangsung. Ia berharap kegiatan ini dapat bernilai ibadah dalam meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. 

"Motto kami di kegiatan PKH peduli adalah, tidak ada kata lelah untuk melihat masyarakat kurang mampu/pra sejahtera tersenyum ketika team PKH Peduli hadir untuk mereka," beber Fajar.

PKH Barru Sasar Warga Kurang Mampu Secara Swadaya


Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perlindungan sosial yang memberikan babtuan uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan syarat dapat memenuhi kewajiban terkait pendidikan dan kesehatan. 

PKH, bertujuan mengurangi beban RTSM dan diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari kemiskinan. PKH juga mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium atau Millenium Development Goals (MDGs). Program ini dikenal sebagai Program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (anak usia sekolah) maupun kehadiran di fasilitas kesehatan (anak balita dan ibu hamil).

Tujuan PKH adalah mengurangi angka kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan antar-generasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan. 

Laporan: Reza