Iklan

Iklan

PT Cargill Indonesia Gelar Ceremony Pendistribusian Premium di Wajo

Wednesday, June 19, 2019 WIB Last Updated 2019-06-19T15:39:15Z
Suasana pemberian Ceremony Pendistribusian Premium oleh PT Cargill Indonesia 

KLIKSULSEL.COM,WAJO--PT. Cargill kerjsama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo mengadakan acara Ceremony pendistribusian premium tahun pertama dan program sertifikasi UTZ PT. Cargill Indonesia bagi petani kakao certificate holder di Kabupaten Wajo, dengan masa sertifikat 1 Maret 2018 sampai dengan 28  Februari 2019 yang dilaksanakan ruang kantor Bappeda Kabupaten Wajo, Rabu 19 Juni 2019.

Adapun pencapaian  PT. Cargill di Kabupaten Wajo Sebanyak 1261 petani kakao sudah mengikuti Sekolah lapang petani dan sebanyak 1224 petani kakao telah tersertifikasi UTZ dan bergerak di 3 Kecamatan di Kabupaten Wajo diantaranya Gilireng, Keera dan Pitumpanua.

Roni CH perwakilan dari pedagang Kakao menyampaikan rasa puasnya karna adanya transparansi harga dan memperpendek pasar dan memperhatikan biji kakao, dengan program ini Cargill memberikan premium kepada petani dan tetap menjaga kualitas biji.

"Dulunya tidak ada pembinaan kepada petani dan kualitas tidak diperhatikan, semoga petani kakao lebih sejahtera kedepan dan peningkatan biji kakao yang ada di Kabupaten Wajo," ungkapnya.

Sementara PT. Cargill yang diwakili oleh Talita Wibisono menyampaikan bahwa PT. Cargill mengedapankan transparansi kemitraan antara petani, pedagang, Pemda dan Cargill dan selama ini sudah baik, dan tidak mudah mempertahankan  hal semacam ini.

"Kami bangga dengan Kabupaten Wajo, karna banyak program kami yang tersebar di Sulawesi dan Flores dan yang terbaik ada di Kabupaten Wajo, produksi dari Wajo sangat luar biasa, sehingga jumlah premium yang akan dibagikan kepada petani bersertifikasi sebesar Rp. 727 juta," ungkap Talita Wibisono.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud dalam sambutannya mengatakan bahwa akan bersinergi membangun kakao dari hulu ke hilir dan disampaikan bahwa pertemuan ini menjadi spirit untuk semakin berbenah , juga terkait keberhasilan petani kakao yang sudah bersertifikasi.

"Bagaimana standar Kakao kita bisa bersertifikasi nasional sehingga nantinya bisa mencapai standar pasar internasional, PT. Cargill kedepannya bisa ekspansi ke Sulawesi dan daerah yang bertentangga dengan Sulsel, dan bila PT. Cargill bisa menghadirkan Industrinya dengan melakukan studi layak tentunya terlebih dahulu, maka kami akan wellcome," harap Dr. H. Amran Mahmud.

Laporan : Humas Pemda Wajo
Komentar

Tampilkan

  • PT Cargill Indonesia Gelar Ceremony Pendistribusian Premium di Wajo
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan