Iklan

Iklan

Ada Kejanggalan Perhitungan Suara Caleg Gerindra di Tanasitolo

Wednesday, April 24, 2019 WIB Last Updated 2019-04-24T14:50:06Z

Dokumentasi saat saksi H Baso Rahmanuddin protes perolehan suara di Perhitungan Suara Pemilu serentak tingkat Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa 23/4/2019.


KLIKSULSEL.COM,WAJO Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Gerindra, Kabupaten Wajo H Baso Rahmanuddin mengadukan potensi kecurangan yang terjadi di sejumlah TPS yang ada di Kecamatan Tansitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.


Baso Rahmanuddin menemukan kekeliruan perhitungan suara disejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berpotensi merugikan perolehan suaranya secara keseluruhan di Kecamatan Tanasitolo.


Misalnya di TPS 1 Desa Nepo, terjadi kejanggalan, karena yang terdapat pada formulir C1 yang dimiliki  tercatat 1 suara namun pada saat perekapan perolehan suara menjadi 0.


Dan pada TPS 3 Desa Nepo kejanggalan juga terjadi karena di formulir C1 yang dimiliki Caleg nomor Urut 7 tidak punya suara (0) akan tetapi pada saat perekapan terdapat 4 suara.


"Beda lagi di TPS 1 Desa Assorajang, dari C1 yang kita punya suara kami ada 23 sedangkan pada saat perekapan hanya tertulis 21 suara," kata saksi Caleg Gerindra nomor urut 1 itu, Marwah ,Rabu 24/4/2019.


Selain itu, proses perhitungan suara dianggap janggal karena dilakukan secara akumulasi tanpa menghitung satu persatu perolehan suara peserta pemilu, setelah sebelumnya dilakukan perhitungan satu persatu suara Caleg namun atas usulan saksi partai politik yang hadir, maka panitia langsung melakukan perhitungan secara akumulasi jumlah suara.


Sekedar diketahui mekanisme perhitungan suara mulai tingkat TPS hingga tingkat kabupaten Wajo tidak demikian.


Laporan: Ichal Mahendra





Komentar

Tampilkan

  • Ada Kejanggalan Perhitungan Suara Caleg Gerindra di Tanasitolo
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan