Iklan

Iklan

Berkunjung ke Wajo, Jokowi Apresiasi Tim Vaksinator UPTD Puskesmas Belawa

Friday, September 10, 2021 WIB Last Updated 2021-09-10T04:58:25Z


KLIKSULSEL.COM, WAJO – Pada saat kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo, ke Kabupaten Wajo pada Kamis (9/9/2021) ia melakukan agenda peninjauan vaksinasi pelajar di SMAN 3 Wajo.

Pada proses vaksinasi tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wajo menyiapkan 5.000 dosis vaksin yang akan diberikan kepada pelajar dan masyarakat umum di hari kedatangan Presiden Indonesia itu.

Menurut informasi, pada vaksinasi Covid-19 kali ini, ada 220 pelajar di SMAN 3 Wajo yang menerima vaksin Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi massal dipusatkan di SMAN 3 Wajo, tapi juga terhubung melalui video conference (vicon) dengan 21 titik vaksinasi lainnya di 14 kecamatan di Wajo.

Secara virtual, Presiden Indonesia, Joko Widodo berkomunikasi dengan tiga sekolah terkait dengan pelaksanaan vaksinasi massal di lokasi masing-masing.

Untuk kesempatan pertama, MAN Belawa menjadi sekolah yang melaksanakan vaksinasi massal.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Kepala UPTD Puskesmas Belawa, Syuhada, memaparkan kepada Presiden Jokowi tentang pelaksanaan vaksinasi door to door saat banjir di Kecamatan Belawa.

"Izin melaporkan Bapak Presiden, sasaran kita dalam vaksinasi ini sebanyak 400 orang dan untuk hari ini ditargetkan 220 orang," ujarnya

Dalam rangka percepatan pencapaian target vaksinasi, pihaknya melaksanakan vaksinasi door to door.

"Khususnya di Kecamatan Belawa, kami menggunakan perahu karena sedang banjir," kata Syuhada.

Kemudian di SMKN 1 Wajo melalui tim vaksinasi dalam laporannya mengungkapkan, jumlah sasaran sebanyak 900 orang.

Sasaran target hari ini sebanyak 220 orang dan untuk sisanya akan selesai dalam pekan ini. 

Sementara di SMAN 9 Wajo melalui Kepala UPTD Puskesmas Pammana kepada Jokowi mengatakan, sasaran vaksinasi massal 488 orang.

Sementara target hari ini 200 orang dan sisanya akan dijadwalkan dalam pekan ini.

Mendengar semua itu, Jokowi mengakui bahwa pelaksanaan vaksinasi massal tingkat SMAN/SMK sederajat berjalan dengan lancar.

"Hari ini saya melihat dan meninjau program vaksinasi yang diadakan di sekolah-sekolah, baik SMA, SMK, dan juga di madrasah. Saya melihat semuanya berjalan lancar," ujarnya.

Bahkan, Jokowi mengapresiasi tim vaksinator dari UPTD Puskesmas Belawa yang melakukan vaksinasi secara door to door dengan menggunakan perahu karena wilayahnya terdampak banjir.

Menurut Jokowi, sistem jemput bola pada kegiatan vaksinasi penting dilakukan agar pelayanan yang diberikan semakin lebih baik.

"Bagus kalau bisa dilaksanakan dari pintu ke pintu, vaksinasinya door to door itu akan memberikan pelayanan lebih baik. Kalau memang tidak bisa datang ke tempat vaksinasi, ya, memang lebih bagus kalau jemput bola," katanya.

Jokowi pun berharap dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan di sekolah-sekolah tersebut dapat menekan laju penyebaran Covid-19.

Sehingga proses pembelajaran tatap muka (PTM) juga dapat segera dilaksanakan.




"Kita harapkan makin banyak siswa, murid, santri yang divaksinasi akan mempercepat proses belajar tatap muka yang kita harapkan secepatnya dimulai. Karena kita ingin anak-anak segera memperoleh ilmu kembali di sekolah," harapnya.

Jokowi juga mengingatkan para pelajar untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sehingga dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Protokol kesehatan harus dijaga ketat terutama pakai masker jangan sampai dilepas. Saya pakai masker sampai dobel karena penting menjaga kita semuanya agar tidak menularkan dan tidak tertular oleh Covid," katanya.

Selain di SMA Negeri 3 Wajo, Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo juga meninjau kegiatan vaksinasi masyarakat umum di Puskesmas Wewangrewu.

Lalu, menuju ke Bendungan Paselloreng, di Kecamatan Gilireng untuk meresmikan bendungan yang mulai dikerjakan 2015 silam dan telah rampung pembangunannya itu.(AF)

Komentar

Tampilkan

  • Berkunjung ke Wajo, Jokowi Apresiasi Tim Vaksinator UPTD Puskesmas Belawa
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan