Iklan

Iklan

Tak Ada Listrik dan Air Bersih, Jalan Warga Data Orai Belum Mantap

Tuesday, February 02, 2021 WIB Last Updated 2021-02-02T13:41:36Z


KLIKSULSEL.COM,WAJO - Puluhan warga yang bermukim di wilayah Dusun Data Orai Desa Mario Kecamatan Tanasitolo, kabupaten Wajo belum terpernuhi kebutuhan dasar mereka seperti listrik dan air bersih.


Ironisnya sebagai penyumbang listrik terbesar di Sulsel, justru warga yang bermukim di Dusun Data Orai Desa Mario mengaku selama ini hanya menggunakan tenaga surya untuk lampu penerangan rumah mereka.


Selain aliran listrik, warga juga berharap perhatian pemerintah Kabupaten Wajo utamanya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan juga perbaikan pada akses jalan yang dinilai tidak mantap lagi dilalui.


"Kami hanya pakai lampu tenaga surya tapi sudah mulai rusak sejak sebulan terkahir ini, kalau air kami sangat kesulitan hanya manfaatkan air hujan atau kami harus beli air diluar,' kata salah seorang warga Data Orai, Usman.


Kepala Desa Mario, Baharuddin mengakui jika warga Dusun Data Orai sangat membutuhkan listrik rumah tangga, air bersih, dan penerangan jalan.


"Kami dari Pemerintah Desa sudah beberapa kali melakukan survai untuk mencari mata air memakai bio listrik namun tidak berhasil, sementara Pamsimas yang ada masih jauh dari Data Orai," kata Baharuddin.


Kesulitan yang dihadapi Pemerintah Desa Mario berharap perhatian Pemerintah kabupaten Wajo membantu untuk memenuhi kebutuhan air bersih, misalnya melakukan pengadaan sumur bor besar.



"Selain itu kami juga berharap Pemerintah memberikan bantuan modal kepada warga kami untuk keberlangsungan usaha mereka seperti produksi tusuk sate dan alat panjat kelapa," katanya.


Sekedar diketahui warga Data Orai bertahan hidup, selain bertani kakao dan jambu mente juga ada pengembangan usaha produksi tusuk sate dan spesialis jasa panjat kelapa.


Laporan: Tim

Komentar

Tampilkan

  • Tak Ada Listrik dan Air Bersih, Jalan Warga Data Orai Belum Mantap
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan