Iklan

Iklan

Dinas Perikanan Anggarkan Penelitian Ikan Sapu Sapu Danau Tempe

Thursday, January 21, 2021 WIB Last Updated 2021-01-21T09:07:11Z


KLIKSULSEL.COM,WAJO - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wajo bersama Universitas Hasanuddin (Unhas), melakukan pengkajian terhadap keberadaan ikan Plecostomus atau Ikan Sapu-Sapu di peraiaran Danau Tempe.


Keberadaan Ikan Sapu-Sapu sejenis ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan tersebut meresahkan para nelayan di Danau Tempe. Pasalnya, selain dianggap merusak ekosistem juga dapat merusak alat tangkap ikan para nelayan.


Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wajo Ir Nasfari pada tahun anggaran 2021, pihaknya telah menganggarkan kegiatan pengkajian untuk meneliti terkait manfaatnya.


"Kalau masalah ikan sapu-sapu ini perlu pengkajian, dan nanti hasilnya pengkajian itu apakah dibasmi atau bisa dimanfaatkan," kata Ir Nasfari.


Namun dirinya berharap Ikan Sapu Sapu tersebut dapat bermanfaat sehingga menjadi lahan baru untuk dijadikan lahan pendapatan baik bagi masyarakat sekitar maupun nelayan yang menggantukan hidupnya di Danau Tempe.


"Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan para nelayan di Danau Tempe. Apakah sebagai pakan ternak atau dibisa di olah menjadi bahan baku," tandasnya.


Di Indonesia ikan Plecostomus dikenal sebagai Ikan Sapu-Sapu karena dikenal sebagai pemakan alga/lumut dan sangat populer sebagai ikan pembersih akuarium. 


Ikan ini nyaris dapat hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja dan di kota-kota besar ikan sapu diperdagangkan dalam ukuran kecil atau sedang.



Laporan: Renald

Komentar

Tampilkan

  • Dinas Perikanan Anggarkan Penelitian Ikan Sapu Sapu Danau Tempe
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan