Iklan

Iklan

Tindaklanjuti Program Kementan, DPRD Wajo Kunjungi BPTP Sulsel

Lantur KlikSulsel
Thursday, June 25, 2020 WIB Last Updated 2020-06-24T18:31:26Z



KLIKSULSEL.COM,MAKASSAR - Komisi II DPRD Kabupaten Wajo melakukan kerja ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk menindaklanjuti program Komando Strategi Pertanian (Konstratani) dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Kata Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Wajo Asri Jaya A Latief, program Konstarani sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 49 Tahun 2019. Konstratani bertujuan membangun ekosistem pertanian lewat digital.

"Alhamdulillah program Konstratani di Kab. Wajo sudah mendapatkan dukungan dari Kementerian Pertanian melalui BPTP, dari 14 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada sudah 5 BPP yang mendapatkan bantuan peralatan IT," katanya.

Legislator asal Partai Demokrat yang karib dengan Tagline AJL dalam diskusi bersama BPTM sudah meminta untuk terus mendukung BPP yang ada di Kabupaten Wajo dengan melengkapi sarana dan prasarana yang berbasis digital, karena BPP merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

Lanjutnya, melalui program konstratani, diharapkan pertanian memiliki Singel Data yang baik terkait luasan areal, musim tanam, cuaca serta kelembagaan petani, sehingga lebih mudah dalam mengambil kebijakan terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Wajo yang mempunyai potensi pertanian yang cukup menjanjikan kesejahteraan petani.

AJL juga meminta kepada BPTP terkait pengembangan SDM Petani dan mengajak Milenial untuk terlibat dalam pembangunan pertanian yang berbasis digital baik di hulu maupun di hilir. DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo siap mendukung program Kementerian Pertanian dalam Pembangunan Pertanian.

"Harapan kita semua, Sektor Pertanian dapat menjanjikan Kesejahteraan, tidak menjanjikan Kemiskinan. !!!," tegas pria yang terpilih di Dapil IV Wajo itu.

Kunjungan kerja dipimpin langsung oleh ketua komisi II H. Sudirman Meru bersama anggota lainnya diantaranya, A.Witman Hamzah, H.Suriadi Bohari, HA. Rasyadi, Mursalin, Herman Arief, A. Bakti Werang dan A. Sarwan.

Turut mendampingi rombongan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo, yakni Kepala Dinas Pertanian, Ir. Ashar dan Kepala Bidang Penyuluhan, Dinas Pertanian Kabupaten Wajo, Burhanuddin.

Rombongan DPRD Kabupaten Wajo diterima oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, Suryanti Ali, S.Hut., M.Si dan DR. Ir.Muslimin, MP (Peneliti BPTP).

Laporan: Humas DPRD Kabupaten Wajo

Komentar

Tampilkan

  • Tindaklanjuti Program Kementan, DPRD Wajo Kunjungi BPTP Sulsel
  • 0

Terkini

Topik Populer

Iklan